Pengikut

Rabu, 02 Desember 2020

Tugas Menjawab 15 soal Materi 8 - Interaksi Manusia dan Komputer

Nama    : Bagus Ramadhani

Nama     : Bagus Ramadhani

Kelas     : SI 20 B

NPM      : 20311075

1. Jelaskan hubungan antara hardware, software dan brainware.

Jawab : Hardware, Ssoftware, dan Brainware mempunyai hubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Hardware apabila tanpa software, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna, karna software tercipta untuk menulis fungsionalitas pada komputer. apabila hardware dan software komputer telah tercipta, apabila tidak terdapat Brainware untuk mengoprasikannya maka komputer tersebut hanya mesin yang tidak bisa beroprasi, karna Brainware merupakan salah satu elemen yang penting untuk mengoprasikan komputer.

2. Bagaimana Manusia dapat berinteeraksi dengan komputer.

Jawab : Karena meliputi Rancangan, Evaluasi, dan Implementasi antar muka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia

3. Jelaskan Pengertian Luminas, Kontras, dan Kecerahan.

Jawab :

  1. Luminas adalah Jumlah cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek
  2. Kontras adalah  Hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu objek dan dengan cahaya dari latar belakang objek tersebut.
  3. Kecerahan adalah tanggapan subjektif pada cahaya
4. Kombinasi Warna terbaik untuk labar belakang berwarna adalah.

Jawab:
  1. Biru : Putih (81%), Kuning (50%), Cyan (25%)
  2. Merah : Kuning(25%), Putih(50%), Hitam(44%)
  3. Hijau : Hitam(100%), Biru(50%), Merah(25%)
5. Jelaskan perbedaan pengolahan manusia secara sadar dan otomatis (Berikan Contohnya).

Jawab:
  1. Pengolahan secara sadar terjadi ketika rangsangan yang dibawa kebagian intelektual dan memerlukan beberapa waktu untuk menghasilkan tanggapan yang sesuai. Bentuk pengolahan biasanya berhubungan dengan tindakan baru dan jarang dilakukan sehingga menghasilkan tanggapan yang lembut.
  2. Pengolahan Otomatis respon yang bersifat refleks dan memerlukan waktu tanggapan sangat cepat. sehingga menjadi tindakan yang terlatih dengan respon yang cepat.
      Contohnya Pengolahan sadar dan otomatis:
  1. Mengerjakan aktivitas tanpa harus berfikir contoh membaca, menulis, mengendarai sepeda, menggosok gigi.
  2. dengan latihan rutin proses kognitif menjadi otomatis.
6.  Sebutkan karakteristik umum yang dimiliki oleh setiap ragam dialog adalah

Jawab : 
  1. Konsistensi
  2. Umpuan Balik
  3. Observabilitas
  4. Kontrolabilitas
  5. Efisiensi
  6. Keseimbangan
7. Jelaskan Perbedaan antara Kecakapan manusia dan komputer

Jawab :
  1. Estiminasi
  2. Kreativitas
  3. Adaptasi
  4. Kesalahan
  5. Kecakapan Komputer
  6. Kalkulasi Akurat
  7. Multitasking
  8. Pengolahan data
  9. Pengetahuan Domain
8. Jelaskan beberapa perintah tunggal dalam Dos atau Linux.

Jawab :
  1. Pwd adalah Perintah ini digunakan untuk mengetahui di direktori mana kita berada.
  2. Cd adalah perintah yang artinya " change directory" digunakan untuk berganti direktori.
  3. ls adalah salah satu perintah untuk melihat daftar sebuah direktori atau direktori aktif (pwd).
9. Jelaskan pengertian dari dialog berbasis bahasa pemrograman

Jawab : ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah ke dalam suatu berkas yang sering disebut batch file.

10. Jelaskan Pengertian dari Sistem Menu.

Jawab : pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah program kepada pengguna.

11. Jelaskan Perbedaan Sistem Menu datar dan Menu Tarik.

Jawab :
  1. Sistem Menu Datar yaitu kemampuan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi akan ditampilkan secara lengkap, dan biasanya menggunakan kalimat yang cukup panjang.
  2. Sistem Menu Tarik yaitu sistem menu yang pilihan-pilihannya dikelompokkan menurut kategori tertentu atau menurut cara tertentu sehingga membentuk semacam hirarki pilihan.
12. Jelaskan Pengertian teknik dialog pengisian Borang.

Jawab : suatu penerapan langsung dari aktivitas pengisian borang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu bentuk borang yang ada dilayar komputer yang mereka gunakan.

13. Apa saja yang harus diperhatikan dalam perancangan tampilan berbasis borang?

Jawab : 
  1. Proteksi Tampilan
  2. Batas medan tampilan
  3. isi medan
  4. medan opsional
  5. default
  6. bantuan
  7. medan penghentian
  8. navigasi
  9. pembetulan kesalahan
  10. penyelesaian
14. Jelaskan pengertian dari sistem penjendelaan.

Jawab : sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi baik sendiri-sendiri maupun secara bersamaan ke dalam bagian-bagian layar yang tidak saling mempengaruhi.

15. Sebutkan keuntungan dan kerugian manipulasi langsung.

Jawab :
  • Keuntungan
    1. mempunyai analogi yang jeals dengan suatu pekerjaan nyata
    2. mempengaruhi waktu pembelajaran
    3. penampilan visual yang bagus
    4. mudah dioprasikan
  • Kerugian
    1. membutuhkan program yang rumit dan berukuran besar
    2. memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi
    3. memerlukan peranti masukkan seperti mouse dan kyboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesehatan dan Keselamatan Kerja K(3)

  KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA K(3) (DI LINGKUNGAN KERJA BALAI INSEMINASI BUATAN (BIB) LEMBANG)      Tingkat keselamatan dan kesehatan ke...